TSGoGSCpBSG0TpMiTSOlGfr9Td==

7 Makanan Diet yang Patut Dicoba, Awas Bikin Ketagihan!

7 Makanan Diet yang Patut Dicoba, Awas Bikin Ketagihan!
Salah satu makanan yang cocok dijadikan sebagai menu diet (Dok. Ist)


Indonesiaterkini.id - Diet tidak berarti harus menghilangkan semua jenis makanan, melainkan memilih makanan dengan nutrisi yang seimbang agar tubuh tetap sehat dan berenergi. 

Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari seperti makanan tinggi kalori yang tinggi lemak jenuh, makanan cepat saji, dan makanan olahan.

Rekomendasi Makanan untuk Diet

Sebaliknya, memilih makanan untuk diet yang tepat akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa makanan yang cocok untuk diet, yakni:

1. Dada Ayam

Dada ayam adalah bagian dari ayam yang sehat dikonsumsi saat diet. Dibandingkan bagian paha, dada ayam memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah, sehingga cocok dikonsumsi saat menjalani program diet. 

2. Telur

Selain dada ayam, telur juga bisa menjadi pilihan makanan untuk diet. Telur banyak mengandung nutrisi seperti protein, vitamin D, dan kolin, tetapi rendah kalori. 

Untuk lebih sehat, sebaiknya mengonsumsi putih telur saja yang mengandung 40% protein sebagai sumber energi.

3. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak juga merupakan pilihan makanan yang sehat untuk program diet Anda. 

Meskipun masih banyak anggapan bahwa daging tidak baik untuk diet, sebenarnya ada bagian dari daging sapi yang dapat dikonsumsi tanpa membuat berat badan naik. 

Kandungan protein, zat besi, vitamin, mineral, zinc, dan vitamin B12 yang terkandung di dalam daging tanpa lemak ini sangat diperlukan tubuh. 

Anda bisa memasak daging sapi dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang tanpa lemak di atas pan anti lengket.

4. Kentang 

Kentang adalah sumber karbohidrat yang baik dan sehat, yang mengandung kalium, vitamin B1, vitamin B9, vitamin C, dan vitamin B6. 

Tidak seperti karbohidrat lainnya, kentang mengandung kalori yang relatif rendah. Anda dapat mengolah kentang dengan cara direbus atau dikukus agar nutrisinya tidak hilang.

5. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan termasuk dalam kelompok biji-bijian, yang merupakan makanan yang sangat sehat untuk program diet Anda.

Kacang-kacangan, seperti kedelai, kacang tanah, atau kacang merah mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, protein, dan serat. 

Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam kacang-kacangan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh, dan seratnya yang tinggi membuat Anda kenyang lebih lama.

6. Brokoli

Brokoli, sayuran hijau yang kerap dijauhi anak-anak, kadar gula darah tetap stabil dan melancarkan pencernaan. 

Brokoli mengandung vitamin C, karbohidrat yang baik dan serat. Selain itu, brokoli juga merupakan sumber beta-karoten, yang dapat berperan sebagai antioksidan dan meningkatkan kesehatan mata.

7. Alpukat

Terakhir, alpukat merupakan buah yang sangat baik untuk program diet Anda karena mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. 

Alpukat juga dibekali dengan serat yang membuat Anda kenyang lebih lama dan memenuhi kebutuhan gizi tubuh. 

Anda dapat menyantap alpukat secara langsung atau membuatnya menjadi jus alpukat untuk hasil yang lebih segar dan menyegarkan.

Beberapa makanan tersebut bisa dikonsumsi saat diet. Sebab terdapat vitamin yang dapat meningkatkan stamina dalam tubuh.

Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Advertisement
pasang iklan media online nasional pewarta network
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.


Ketik kata kunci lalu Enter

close
pasang iklan media online nasional pewarta network